Resume ke :10
Gelombang : 19
Tanggal : 2 Agustus 2021
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana
Kuliah online bersama kelas omjay semakin menantang saja. setiap harinya ada saja tulisan-tulisan indah yang dikirim lewat wa grup dari berbagai blog para guru hebat yang selalu membagikan cerita-cerita dan motivasi dalam berbagai warna dari setiap tulisan mereka. Ini yang selalu menjadi acuan bagiku untuk selalu bercermin dari semangat dan ketekunan mereka.
Malam ini ibu Aam nurhasanah yang akan memandu pelatihan menulis ini. Semangatku dan energiku semakin bertambah apalagi tema yang disajikan yaitu tentang pemasaran buku. Kali ini narasumbernya adalah pak Agus subardana. Beliau adalah direktur marketing penerbit Andi yang merupakan penerbit mayor.
Kerinduan banyak orang ketika sudah mulai pandai menulis adalah ingin terus menulis. Setiap karya itu akan sangat bermanfaat jika kita bisa membagikannya untuk dinikmati para pembaca. Karena itu publikasi adalah suatu cara untuk tulisan kita bisa berkumandang dan menjadi bermanfaat bagi orang lain.
Untuk buku kita bisa sampai ke pembaca, melakukan pemasaran buku adalah hal yang utama. Namun unutk saat ini pemasaran lewat penerbit mayor sangat berdampak akibat pandemi sat ini.
Mengingat begitu kuatnya pengaruh pandemi covid 19, ini telah mempengaruhi berbagai sektor masyarakat seperti sektor ekonomi. Khususnya dalam hal minat beli masyarakat sekarang ini yang sudah sangat menurun. Banyak toko-toko buku yang mengalami dampak namun itu tidak menurunkan semangat literasi para pecintanya.
Saat ini dimasa era digital ini, pemasaran buku sudah banyak dialihkan menjadi pemasaran buku secara digital. Yaitu dengan dilakukannya transpormasi digital. Seperti yang dilakukan oleh penerbit Andi, mereka melakukan pemasaran buku secarang sudah banyak secara digital. Strategi pemasaran mereka adalah bekerjasama secara online dengan berbagai market place, melalui media sosial, promosi-promosi dan berbagai webinar yang dilakukan.
Dalam menulis buku kita juga harus bis menentukan mana kira-kira buku yang bakalan laku dipasaran. Buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan menjadi buku yang akan diburuh oleh banyak orang. Karena itu kita perlu mengkategorikan buku-buku seperti Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dll .
Dalam pemasaran buku yang dilakukan oleh penerbit Andi, yaitu dengan istilah Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat.
Buku serangan udara atau disebut dengan pemasaran Online. Melalui website. marketplace, reseler yang berisi banyak produk, harga testimoni yang bisa dilihat secara online. Dan juga sering melakukan penawaran promo-promo khusus untuk meningkatkan profit penjualan.
Strategi pemasaran buku serangan Darat tetap dilakukan pendistribusian ke berbagai toko-buku di Indonesia. Toko-toko dipetakan ke dalam toko buku modern, menengah dan tradisional. Direct langsung atau door to door ke sekolah-sekolah untuk memasarkan buku yang sesuai dengan tingkatan kelas, buku referensi dan buku-buku umum sebagai referensi bacaan.
Pemasaran buku digital sangat mungkin unutk dikerjakan. lewat google play berupa sistem e-book. Buku-buku digital ini sudah banyak diterbitkan oleh penerbit Andi. Termasuk juga buku-buku pelajaran e digital juga sudah banyak dipublish.
Kegiatan malam ini ditutup dengan closing statement dari pak Agus yaitu tetaplah semangat menulis buku karena buku tidak akan lekang oleh waktu.
Keren tulisannya
BalasHapusSelalu rajin menulis resume. Tulisannya semakin mantap. Semangat teru ya,Bu. Semoga mahkota dapat menjadi milik kita.
BalasHapusTerimakasih bapak
BalasHapusSalam Sejahtera, Maaf Bunda saya anggota baru mohon tegur sapanya semoga saya bisa menjadi bagian dari para penulis seperti Bunda
BalasHapusSalam Sejahtera, Maaf Bunda saya anggota baru mohon tegur sapanya semoga saya menjadi bagian dari para penulis seperti Bunda
BalasHapus