CGP Angkatan 3 Kab.Batubara
Modul 1.2.a.9. Koneksi Antar Materi
Pemahaman mengenai nilai dan peran Guru Penggerak
Filosofi Ki Hajar Dewantara “Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.”
Hadirnya guru penggerak yang telah dicetuskan oleh Kemdikbud merupakan pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan kodrat yang ada dalam diri anak didik serta mampu secara aktif dan proaktif mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan pembelajaran yang berpusat pada murid, mampu menjadi teladan dan agen transformasi pendidikan untuk mewujudkan merdeka belajar.
Karena itu seorang guru penggerak sangat perlu memahami nilai-nilai guru penggerak dan nilai itu harus melekat pada dirinya sehingga mampu menjalankan perannya, yaitu mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif dan berpihak pada murid. Nilai-nilai tersebut menjadi dasar dari seorang guru penggerak untuk menerapkan profil pelajar pancasila.
Mandiri
Seorang guru penggerak mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Guru penggerak yang mandiri mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri untuk meningkatkan kapabilitas dirinya tanpa perlu dorongan dari pihak lain.
Reflektif
Seorang guru penggerak mampu memaknai pengalaman yang terjadi disekelilingnya yang bisa menimbulkan kesan positif dan negatif. Guru penggerak bisa merefleksi dan mengevaluasi kembali pengalaman tersebut sehingga bisa menjadi pembelajaran untuk menjalankan perannya di masa mendatang.
Kolaboratif
Guru penggerak harus mampu senantiasa membangun hubungan kerja sama yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah dan luar sekolah yang mampu mendukung pencapaian profil pelajar pancasila.
Inovatif
Seorang guru penggerak mampu memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Dia juga mampu menggunakan nilai reflektif dalam mengevaluasi sebuah proses ataupun masalah, dan mencari gagasan-gagasan lainnya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan jeli melihat peluang atau potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung ide orisinal demi menguatkan pembelajaran murid.
Berpihak pada murid
Selalu mengutamakan kepentingan murid sebagai acuan utama, maka seorang guru penggerak dalam pengambilan keputusan didasari pada orientasi pembelajaran pada murid terlebih dahulu.
Dengan nilai-nilai tersebut diharapkan seorang guru penggerak mampu menjalankan perannya yaitu, menjadi pemimpin pembelajaran, mampu menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru dan mewujudkan kepemimpinan murid.
Diharapkan dengan diterapkannya nilai dan peran guru penggerak akan tercapailah karakter murid yang menjadi profil pelajar pancasila yaitu 1)beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2)mandiri; 3)bergotong royong; 4)berkebhinekaan global; 5)bernalar kritis dan 6)kreatif. Karakter ini akan tercermin melalui perilaku sehari-hari sebagai suatu pembiasaan.
Keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Sorang guru penggerak haruslah melekatkan nilai dan peran guru penggerak dalam dirinya. Ini sangat erat kaitannya dengan filosofi Ki Hajar Dewantara. Filosofi Ki Hajar Dewantara yang paling utama adalah menghamba pada murid atau berpusat pada murid. Sebagai guru kita harus mengetahui apa yang diinginkan oleh murid sehingga kita bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh murid.
Ki Hajar Dewantara mengibaratkan seperti seorang petani yang menanam padi. Jika tanaman ditanam ditanah subur namun tidak dipupuk dan disiram, maka hasil padi tidak akan bagus namun apabila padi ditanam di tanah biasa namun dirawat dengan baik, diberi nutrisi berupa pupuk, dibersihkan dari hama dan dialiri air secara berkala maka akan menghasilkan padi kualitas unggul. Begitupun dengan murid, murid dengan kemampuan biasa namun tidak dirawat,tidak diperhatikan maka akan menjadi murid dengan kualitas biasa, namun apabila murid dengan kemampuan biasa jika dididik dengan baik, diarahkan dan dituntun, maka akan menjadi murid dengan kualitas diri dan karakter yang luar biasa. Hal ini tidak terlepas dari nilai dan peran guru sehingga dengan menerapkan nilai dan peran guru akan menghasilkan murid dengan kemampuan luar biasa.
Strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai nilai dan peran guru penggerak
- Melakukan pembiasaan dengan terus dan berkelanjutan secara kontinu menjalankan peran dan nilai sebagai guru penggerak.
- Meningkatkan kompetensi melalui pengembangan diri secara mandiri
- Terus melakukan praktik baik dengan aksi nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan
- Membuat perubahan dalam pendidikan Indonesia khususnya dalam lingkungan sekolah dan sekitar
- Terus belajar sepanjang hayat dan memberi dampak baik bagi orang lain
Pihak yang dapat membantu dalam mencapai nilai dan peran guru penggerak
Untuk menjalankan nilai dan peran sebagai guru penggerak sangat dibutuhkan kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud dengan maksimal.
Pihak yang dapat membantu dalam mewujudkan hal tersebut adalah :
- Kepala sekolah, kepala sekolah memiliki peran penting karena sebagai pemangku jabatan tertinggi di sekolah yang mampu memberikan jalan terbaik dan dukungan bagi guru.
- Teman sejawat, teman sejawat memiliki peran sangat penting untuk berkolaborasi dan bekerja sama untuk menjalankan visi sekolah
- Peserta didik, melalui mereka saya bisa merefleksikan peran saya sebagai guru penggerak dan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada anak didik
- Keluarga. Peran keluaga sangat penting untuk mendukung nilai dan peran seorang guru penggerak. Karena keluarga lah yang menjadi penyemangat kita dalam menjalankan setiap peran kita sebagi guru.
Sekian, Salam dan Bahagia
Posmauli Devita Sihombing, S.Pd
CGP Angkatan ke 3
Kabupaten Batubara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar