Selasa, 14 September 2021

JURNAL REFLEKSI MINGGU 1

 

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 3

OLEH: POSMAULI DEVITA SIHOMBING, S.Pd

 

TUGAS  1.1.a.10.1

Model 4F

Minggu ini adalah minggu pertama saya dalam mengikuti pendidikan calon guru penggerak melalui ruang kolaborasi. Penugasan pada LMS dikerjakan setiap hari. Pembelajaran tentang merdeka belajar yang diprakarsai oleh bapak Pendidikan Indonesia yaitu bapak Ki Hajar Dewantara saya jalani dengan penuh semangat. Setiap pembelajaran sudah terjadwal dengan teratur pada LMS dan dilakukan secara mandiri. Kegiatan pembelajaran dibimbing oleh fasilitator dan setiap hari saya didampingi oleh pengajar praktek. Informasi penting selalu update diberitahukan di LMS. Bersama calon guru penggerak lainnya, kami melakukan kolaborasi secara virtual melalui aplikasi Google Meet dengan melakukan video conference. Fasilitator selalu memberikan bimbingan dan panduan  dalam kegiatan virtual tersebut.

Banyak pembelajaran yang saya dapatkan di sini. Pemahaman saya tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara semakin dipertajam. Pengetahuan saya semakin bertambah dari kegiatan pembelajaran di modul 1.1 ini. Menjadi seorang pendidik yang bisa menuntun anak didik seperti seorang petani. Pendidikan yang berpusat pada siswa, membuat siswa memiliki kemerdekaan belajar menjadikan anak didik memiliki profil pelajar pancasila. Ini adalah tugas yang tidak gampang. Namun harapan saya setelah mengikuti pembelajaran ini dapat membuka pemahaman saya untuk dapat melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Seluruh rangkaian kegiatan pada LMS bisa saya ikuti dengan baik walaupun pada awalnya saya kewalahan dalam memahami setiap bagian-bagian pada LMS. Namun setelah saya pelajari setiap harinya, sakarang saya sudah mengerti setiap bagian dari kegiatan di LMS. Pada kegiatan virtual di Google Meet, pernah beberapa kali jaringan internet saya terganggu mengingat cuaca di daerah saya pada saat itu kurang bersahabat. Sehingga pada saat menyajikan hasil diskusi  melalui presentasi menjadi terkendala dalam menayangkan slide presentasi. Namun hal tersebut bisa diatasi atas arahan dari Fasilitator. Dan akhirnya diskusi pada ruang kolaborasi virtual bisa berjalan dengan baik.  Hal lain yang menjadi kendala adalah terkait waktu. Penugasan pada LMS mengharuskan saya setiap hari mengerjakan tugas yang sudah terjadwal dengan batas waktu pengumpulan tugas yang sudah ditentukan. Dan ini menjadi beban tersendiri bagi saya mengingat saya juga harus mempersiapkan pembelajaran daring kepada siswa saya. Ditambah lagi tugas di keluarga sebagai ibu rumah tangga untuk mengurus keluarga dan mengharuskan saya untuk setiap hari mengantar anak-anak saya untuk les tambahan. Namun saya tetap berupaya semaksimal mungkin agar bisa mengatur waktu saya dengan baik sehingga semua tugas bisa saya kerjakan dengan baik tanpa ada kekurangan suatu apa pun. Disini saya berusaha untuk membuat skala prioritas dalam mengerjakan setiap tugas supaya semua berjalan dengan baik sesuai dengan waktunya. Dan syukurlah semua berjalan dengan lancar dan bisa saya kerjakan dengan baik.

Ada kebanggaan tersendiri ketika saya terpilih dan dipercayakan mengikuti pendidikan guru penggerak ini. Mengingat banyaknya guru yang tereliminasi pada tahap seleksi. Dan saya menganggap ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh saya lepas. Satu demi satu kegiatan pembelajaran saya ikuti dan saya berusaha untuk tidak melewatkan satu kegiatan pun supaya saya tidak ketinggalan dari calon guru penggerak lainnya. Memang benar bahwa materi pada setiap modul ini sangat padat dan terinci namun saya terus berusaha untuk mengerjakan setiap penugasan tepat waktu.

Pendidikan guru penggerak ini memberikan banyak pembelajaran kepada saya. Pola pikir saya perlahan diubah tentang bagaimana seharusnya konsep merdeka belajar diterapkan. Dan pembelajaran tentang konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara ini kini telah membuka  mata hati saya untuk mengapilikasikannya pada anak didik saya. Harapan saya kedepannya saya bisa menyelesaikan pendidikan guru penggerak ini dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi – Pendidikan yang Memerdekakan

  by POSMAULI DEVITA SIHOMBING    Setiap individu lahir dengan kodrat dan keunikannya masing-masing Selaras dengan pemikiran KHD bahwa...